cbox

close
chat YM
Home » , » Cara Setting System Konfigurasi BIOS

Cara Setting System Konfigurasi BIOS

den zuaz | 14.56 | 6comments
Sebelum anda instal windows terlebih dahulu mengatur BIOS (Basic Input Output System) adapun cara pengaturan BIOS telah saya buat sedemikian rupa di bawah ini disertai gambar supaya anda dapat memahaminya dan untuk segala kekurangannya sebelumnya saya memohon maaf apabila tidak sesuai yang anda harapkan. Silahkan ikuti langkah-langkah setting BIOS berikut ini:


LANGKAH 1
Tekan tombol power pada PC dan monitor untuk menghidupkan komputer Anda. PC akan segera melakukan proses booting


LANGKAH 2
Segera menekan tombol [Delete] pada keyboard untuk masuk ke menu BIOS/CMOS Setup


LANGKAH 3
Anda akan masuk BIOS. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah men-setting waktu yang akan digunakan oleh sistem komputer. Aturlah melalui menu [Main],[System Time]. Untuk mengubahnya, gunakan tombol [+], [-] dan tombol [Tab] pada keyboard Anda


LANGKAH 4
Selanjutnya, dengan cara yang sama, ubahlah tanggal pada sistem komputer Anda melalui menu [System Date].

LANGKAH 5
Setelah men-setting waktu dan tanggal dari sistem, jika mau, Anda juga dapat memasang
password BIOS agar orang lain tidak dapat mengubah setelan BIOS yang Anda buat. Caranya, pilih menu [Supervisor Password], lalu tekan tombol [+] pada keyboard. Selanjutnya, masukkan password Anda pada boks Enter Password, lalu klik [Enter]. Masukkan kembali password Anda pada boks Confirm Password, kemudian kembali klik [Enter]. Sekarang status opsi SupervisorPass word sudah menjadi Enabled.

LANGKAH 6
Bila PC Anda akan dipakai beramai-ramai, Anda juga bisa men-setting user password untuk masing-masing pengguna. Manfaatkan saja menu [User Password]. Cara pengaturannya sama saja dengan pengaturan pada supervisor password.

LANGKAH 7
Sekarang bukalah menu [Advanced] dengan menekan tombol [a€¡] (arah panah ke kanan) pada keyboard Anda, lalu pilih [I/O Device Configuration] kemudian [Enter]

LANGKAH 8
Di sini Anda dapat mengatur penggunaan fitur onboard pada motherboard Anda. Misalnya, bila Anda menggunakan kartu suara dan modem yang bukan on-board, ubahlah opsi [On-board AC97 Audio Controller] dan [On-board AC97 Modem Controller] menjadi [Disabled] dengan menekan tombol [+] pada keyboard Anda. Selanjutnya klik [Esc] untuk kembali ke menu [Advanced]

LANGKAH 9
Sekarang pilih opsi [PCI Configuration] lalu tekan [Enter]. Kemudian agar slot USB Anda berfungsi set opsi [USB Function] menjadi [Enabled]. Jika belum, Anda bisa mengubahnya dengan menekan tombol [+]. Jika sudah, kembali ke menu [Advanced] dengan menekan tombol [Esc]

LANGKAH 10
Selanjutnya buka menu [Boot].


untuk memudahkan penginstalan sistem operasi yang akan dilakukan setelah ini, ubah pengaturan boot dari PC. Kemudian set CDROM sebagai boot device pertama, atau jika anda ingin melakukan penginstalan dari Flash Disk ganti CDROM dengan nama flash disk.


Kemudian Hard Disk sebagai Boot Device ke-2 dan Floopy Boot Device ke-3 (Disable jika anda tidak memilihnya), dengan menggunakan tombol [+] atau [-]. Gunanya, agar setiap kali booting, komputer mencari adanya sistem operasi di CD-ROM dulu, baru kemudian hard disk, dan floopy.


LANGKAH 11
Masukkan CD instalasi Windows XP ke CD-ROM drive. Setelah itu, pilih menu [Exit], [Exit Saving Changes] untuk keluar dari BIOS dan menyimpan pengaturan yang Anda buat tadi. Selanjutnya komputer akan restart. Dan jika Anda tadi mengaktifkan user password, maka akan muncul kotak password. Isi password tersebut agar komputer dapat melanjutkan proses booting. Selesai.

Sumber: http://kode-xp.blogspot.com

Posted by : den zuaz - Author Zuaz'Z Creator™

Artikel Cara Setting System Konfigurasi BIOS ini diposting oleh den zuaz . Terimakasih atas kunjungan Sobat serta kesediaan Sobat membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat Sobat sampaikan melalui kotak komentar. Apabila Sobat berminat silakan copy paste artikel ini dan mohon untuk mencantumkan sumbernya dengan menyertakan script di bawah ini:

Hormat saya: den zuaz

Bagikan artikel ini sobat :
Pemberitahuan:
Mohon maaf apabila komentar Sobat dari Facebook tidak bisa saya jawab semua, dikarenakan sulit untuk memoderasi komentar dari Facebook, bila sobat ada pertanyaan yang ingin lansung saya jawab, silakan Sobat berkomentar dari id Blogger.
Komentar Sahabat
6 Komentar Sahabat

6 comments:

Muro'i El-Barezy mengatakan...

Wah info yang mantabsss sob, kebetulan ane kurang begitu ngerti masalah programing...thanks ya, sekalian izin follow sob, kalo sudi silakan follow back ya...:)

den zuaz mengatakan...

oke, sama-sama sob, segera meluncur ke TKP,,

Alex Irfani mengatakan...

great.. trik nya menarik sob :)
Oh ya, sob saya mohon bantuan follow yach :D widget follower saya error, jd harus mulai dari awal lagi

Alex Irfani mengatakan...

tolong sob

den zuaz mengatakan...

Sibat Irfan, maaf saya baru follow,,
karna baru aja online,,,
selagi saya bisa bantu pasti saya bantu sob,,
itu sudah kewajiban seorang sahabat,,, ^_^

Erma wati mengatakan...

thanks informasinya

Luangkanlah Sedikit Waktu Sobat Untuk Memperindah Blog Ini Dengan Berkomentar,, (^_^)

PERINGATAN,,!!!
Bagi Sobat Yang ingin berkomentar, mohon sesuaikan dengan tema pada postingan, dan saya mohon untuk tidak mencantumkan link (URL) pada komentar karena akan saya anggap spam dan mohon maaf apabila saya hapus komentar Sobat,,!!!

Pilih Bahasa Sobat

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Designed By: den zuaz

Baca Juga Artikel Lainya Ya

Tuker Link Banner Yook

Bagi Sahabat Blogger Yang Bersedia Untuk Bertukar Banner Dengan Blog Zuaz'Z Creator Silakan Copy Code Di Bawah Ini Untuk Dipasang Di Blog Sobat
Email: dideardana@gmail.com
Banner Zuaz'z
..::: Like this yoo :::..
..::: Award Dari Sahabat :::..

Friendship Award
Dwi Semakin Sukses

banner coa-coba
den zuaz

^_^ iklan kosong ^_^

 
Copyright © 2012. Zuaz'Z Creator™ - All Rights Reserved
..::: Template designed by den zuaz | Powered by Blogger | Thanks for visiting :::..